Foto: Bekerja Sama dengan Kementerian PUPR, LPJK Provinsi Sumbar Gelar Uji Sertifikasi 125 Pekerja Konstruksi

Bekerja Sama dengan Kementerian PUPR, LPJK Provinsi Sumbar Gelar Uji Sertifikasi 125 Pekerja Konstruksi

Jakarta, LPJK Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi di wilayah provinsi Sumbar. Uji sertifikasi digelar di Hotel Aulia II Padang Panjang, Rabu (19/06/2019).

Uji sertifikasi ini merupakan hasil kerja sama dengan Balai Jasa Kontruksi wilayah 1 Banda Aceh Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR dengan Dinas PUPR kota Padang Panjang serta LPJK Provinsi Sumbar.

Diikuti oleh 125 peserta dari berbagai jurusan bidang keterampilan, acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas PUPR Kota Panjang, Yas Edizarwin.

“Uji sertifikasi ini saya harapkan terus dilakukan di wilayah provinsi Sumbar, sehingga peserta dapat menambah keilmuan, menjad lebih handal dan kompeten di bidangnya,”ungkap Edizarwin.

Sementara itu Pengurus LPJK Provinsi Sumbar, Apwiddhal menuturkan bahwa saat ini seluruh pekerja konstruksi Indonesia harus mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi, agar terjamin kualitas pekerjaannya dan disiplin mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pekerja konstruksi, menurut Appwiddhal, tidak boleh bekerja karena sebuah kebiasaan. Seorang pekerja konstruksi harus bekerja sesuai kaidah keilmuan dan taat SOP. Sehingga, risiko terjadinya kecelakaan kerja atau kegagalan bangunan bisa lebih diminimalisir.

Uji sertifikasi yang digelar LPJK Provinsi Sumbar ini dilakukan metode pengamatan serta wawancara oleh tim asesor yang kompeten di bidangnya.

Print Berita